Pemasaran Buku
Pemasaran Buku
Narasumber ; Agus Subardana, SE., M.M
Moderator : Aam Nurhasanah, S.Pd.
Pertemuan ke- 10
Bismillaahirrahmanirrahiim ....
" Menulis adalah satu-satunya profesi dimana tidak ada yang menganggap Anda konyol jika Anda memperoleh uang ". - Jules Renard
Malam ini adalah pertemuan ke-10 yang dibuka dengan salam santun oleh Guru Blogger Indonesia yang kami kenal sebagai OmJay. Beliau selalu mengingatkan untuk mengisi link daftar hadir peserta disetiap pertemuan. Berikutnya waktu diserahkan kepada sang moderator handal yang kami kenal sebagai Ibu Aam sang Blogger Inspiratif.
Ibu Moderator memasuki kelas dengan salam bahagianya, menjelaskan bahwa seminggu ini kita akan ditemani tiga nara sumber penting, diantaranya Penerbit Mayor PT Andi Offset Yogyakarta, Bapak Agus Subardana ( DIREKTUR MARKETING).
CV Narasumber kita :
Akhirnya waktu yang kita nantikan tiba, Bapak Narasumber mulai membagikan sharing mengenai Pemasaran Buku saat Pandemi Covid 19 ini. Menurut beliau, buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak – anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku.
Begitu juga dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.
Namun sejak pandemi covid 19, penerbitan buku di Indonesia banyak mengalami penurunan drastis dari sisi penjualan. Banyak penerbit Indonesia yang terdaftar di IKAPI ( Ikatan Penerbit Indonesia ) tumbang karena tidak dapat bertahan saat pandemi ini.
Grafik penjualan buku setelah pandemi covid 19 sampai dengan pemberlakuan PPKM
Oleh karenanya dilakukan strategi pemasaran yang jitu serta tepat dalam mengatasi situasi dan kondisi saat ini.
Beliau mencontohkan strategi yang dilakukan penerbit Andi. Pilihan strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokan menjadi katagori buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produknya yaitu ada 32 katagori produk buku ( katagori buku Anak, buku Bisnis, buku Pertanian, buku Fiksi, Novel, buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ).
Akhirnya dari jenis – jenis katagori buku tersebut dapat dilakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan . Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis . Sehingga strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi : - Faktor Mikro , yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
- Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial- budaya.
Diusianya sudah mencapai 40 tahun, Penerbit Mayor PT Andi Offset Yogyakarta telah menerbitkan buku lebih dari 10.000 judul buku yang telah di kelompokkan menjadi 32 katagori. Dalam menjalankan bisnis Penerbitan Buku yang sedang dijalankan masuk dalam faktor keduanya yaitu Faktor Mikro dan Makro. Hal ini dikarenakan Penerbit Andi Offset sudah termasuk Industri Penerbitan buku,
Menurut narasumber kita, Strategi Pemasaran buku yang telah dipetakan oleh Penerbit Andi dibagi menjadi dua strategi pemasaran yaitu Strategi Pemasaran Buku serangan Udara dan strategi pemasaran buku serangan Darat, dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor makro tersebut di atas. Penerbit Andi telah mempunya 87 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.
Dari penjelasan narasumber kita malam ini, ternyata masih banyak lagi strategi yang bisa dilakukan untuk pemasaran buku baik berupa serangan darat ataupun serangan udara berdasarkan target pasar yang dituju dan pemetaan jenis toko buku.
Demikian resume materi malam ini yang didapat dari sharing narasumber hebat kita " Penerbit Mayor PT Andi Offset Yogyakarta " dengan ucapan trimakasih yang sebesar-besarnya ..... Begitu juga untuk Moderator handal Bu Aam, trimakasih banyak ....
Closing statement dari Sang Narasumber malam ini :
" Buku tidak akan lekang oleh waktu, sampai kapanpun pasti akan dibutuhkan oleh masyarakat dan pendidik-pendidik di Indonesia ini .... "
Lotim, 2 Agustus 2021
Wah .....ibu jeli menatap materi..semangat selalu ya Bu.....👍
ReplyDeleteHiihii....baru sadar ada yg hrs diedit bunda .... 😄🙏
DeleteAyo pasarkan bukumu dengan strategi jitu
ReplyDeleteTrimakasih sdh berkunjung Sang Guru 🙏🙏
DeleteOpening dan closing dengan kalimat penyemangat. sukaa
ReplyDeleteMakasih Mba ...🙏🙏
DeleteLengkap sekali Bu, menginspirasi 😊
ReplyDeleteHehee..maksih bu Winda, tpi tak sehebat resume ibu 🙏😄
Deleterunut..dan teratur..kerren
ReplyDeleteMakadih bun semangatnya..
DeleteStrategi pemasaran dari darat dan udara.
ReplyDeleteStrategi menulis dari apa yang kita pikirkan.
Semoga menjadi jalan lahirnya buku yang baik. Semangat untuk kita....
Aamiin yaaRabb....🤲🤲
DeleteMakasih motivasinya Bu Dwi...
Lengkap sudah ini, keren
ReplyDeleteHeehee...tambah semangat membuat resume, makadih bun...🙏🙏
DeleteKeren bu... ada semangat d sini.. harus jadi buku yaa... siiip
ReplyDeleteMimpi indah sya bun ... 🙏🙏😊
Deletedalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak.
ReplyDeleteMaka....Harus banyak penulis yang mampu konsisten menyampaikan ilmu yang dibutuhkan
Betul bund, mohon bimbingan ... 🙏🙏
DeleteMantap
ReplyDeleteMakasih semangatnya Omma 🙏🙏
ReplyDeleteMantap bun👍🤩
ReplyDelete